Zaman Prasejarah. 2. Zaman Sejarah. Pembagian Tersebut Termasuk Ke Dalam - Indonexa

Search Suggest

Zaman Prasejarah. 2. Zaman Sejarah. Pembagian Tersebut Termasuk Ke Dalam

Zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah: Periode Penting dalam Perjalanan Manusia

Perjalanan manusia di bumi telah melalui dua periode penting yang sangat berbeda, yaitu zaman prasejarah dan zaman sejarah. Periode-periode ini mencakup masa-masa perkembangan manusia sejak awal kehadiran mereka di bumi hingga munculnya peradaban dan tulisan yang memungkinkan pencatatan sejarah. Mari kita jelajahi pembagian dan karakteristik dari kedua periode tersebut.

1. Zaman Prasejarah:
Zaman prasejarah merujuk pada masa sebelum manusia mengenal tulisan atau sistem penulisan. Periode ini mencakup waktu sejak manusia pertama kali muncul hingga sekitar 3500 SM ketika sistem penulisan mulai berkembang di beberapa wilayah dunia. Zaman prasejarah dibagi lagi menjadi tiga sub-periode berdasarkan perubahan dalam cara hidup manusia:

– Paleolitikum (Zaman Batu Tua): Merupakan periode paling awal dalam zaman prasejarah, di mana manusia hidup sebagai pemburu-pengumpul. Mereka tinggal di gua-gua dan menggunakan peralatan batu untuk bertahan hidup. Seni dinding gua dan figur-figur dari periode ini memberikan petunjuk tentang kehidupan dan kepercayaan mereka.

– Mesolitikum (Zaman Batu Pertengahan): Periode ini ditandai dengan perubahan pola hidup manusia. Mereka mulai menggunakan peralatan dari batu lebih halus dan mencoba untuk mendomestikasi hewan dan tanaman pertanian awal. Masyarakat semakin berkelompok dan mulai membangun pemukiman tetap.

– Neolitikum (Zaman Batu Baru): Periode ini menyaksikan peralihan ke masyarakat agraris. Manusia mulai mengembangkan pertanian dan pemukiman tetap. Peralatan dari batu semakin berkembang, dan mereka juga mengenal pemrosesan logam. Zaman neolitikum merupakan fondasi bagi peradaban yang muncul di masa mendatang.

2. Zaman Sejarah:
Zaman sejarah adalah periode di mana manusia mulai mengenal dan mengembangkan sistem penulisan dan catatan sejarah. Periode ini dimulai sekitar 3500 SM hingga saat ini. Zaman sejarah dibagi menjadi dua sub-periode penting:

– Zaman Kuno: Merupakan periode awal dalam zaman sejarah. Masyarakat kuno seperti Mesir Kuno, Mesopotamia, Yunani Kuno, dan Romawi Kuno adalah beberapa peradaban besar yang muncul pada masa ini. Mereka memiliki sistem penulisan dan catatan sejarah yang mengandalkan tulisan dan tulisan pada benda-benda seperti batu, tanah liat, dan papirus.

– Zaman Modern: Merupakan periode yang dimulai sekitar abad ke-15 Masehi hingga saat ini. Pada masa ini, perkembangan teknologi, industri, dan perdagangan menciptakan perubahan besar dalam cara hidup manusia. Kehadiran percetakan dan kemudian teknologi informasi mengubah cara manusia menyimpan dan menyebarkan pengetahuan.

Pembagian zaman prasejarah dan zaman sejarah menjadi periode-periode ini membantu kita memahami evolusi dan perjalanan panjang manusia di bumi. Zaman prasejarah mencerminkan bagaimana manusia mulai bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan mereka. Sementara itu, zaman sejarah mencatat kemajuan dan pencapaian manusia dalam membangun peradaban dan mencatat peristiwa sejarah yang membentuk dunia seperti yang kita kenal saat ini. Melalui pemahaman tentang kedua periode ini, kita dapat menghargai peran dan kontribusi manusia dalam mencapai peradaban dan pengetahuan yang kita miliki hari ini.