Zaman Perundagian Identik Dengan Ditemukannya Peralatan Yang Terbuat Dari - Indonexa

Search Suggest

Zaman Perundagian Identik Dengan Ditemukannya Peralatan Yang Terbuat Dari

Zaman perundagian adalah periode dalam sejarah manusia ketika manusia mulai menggunakan peralatan yang terbuat dari bahan-bahan seperti batu, tulang, dan tanduk hewan untuk keperluan mereka. Periode ini juga sering disebut sebagai Zaman Batu. Pada saat itu, manusia mulai mengembangkan teknologi dan keahlian dalam memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Meskipun zaman perundagian identik dengan penggunaan peralatan batu, terdapat juga bahan lain yang digunakan dalam pembuatan peralatan pada masa itu.

Pada awal zaman perundagian, manusia menggunakan batu yang terpecah secara alami sebagai peralatan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengasah batu-batu tersebut untuk membuat alat-alat yang lebih tajam dan efektif. Batu yang sering digunakan adalah batu obsidian, yang memiliki tepi yang tajam dan tahan lama. Dengan menggunakan alat-alat batu ini, manusia dapat memotong, mengukir, atau mengolah bahan lain, seperti kayu, tulang, dan tanduk hewan.

Selain batu, manusia zaman perundagian juga menggunakan peralatan dari bahan organik. Tulang dan tanduk hewan adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan peralatan, seperti jarum, alat penggiling, atau alat musik. Tulang dan tanduk ini dapat diukir, dibentuk, atau diolah menjadi berbagai bentuk dan fungsi yang berguna bagi manusia prasejarah. Mereka juga menggunakan bahan organik seperti kulit hewan atau tali yang terbuat dari serat tumbuhan untuk membuat perlengkapan seperti tas, perangkap, atau jaring.

Meskipun batu dan bahan organik dominan dalam pembuatan peralatan pada zaman perundagian, manusia juga menggunakan bahan-bahan lain yang tersedia di sekitar mereka. Misalnya, mereka menggunakan tanah liat untuk membuat wadah atau alat pembakaran. Tanah liat tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dan kemudian dibakar untuk mengeras dan membuatnya tahan lama.

Zaman perundagian merupakan periode penting dalam perkembangan manusia karena pada masa ini mereka mulai menggunakan peralatan yang terbuat dari berbagai bahan alami. Peralatan ini memungkinkan mereka untuk memanfaatkan lingkungan sekitar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti berburu, mengumpulkan makanan, dan melindungi diri mereka.

Seiring berjalannya waktu, manusia terus mengembangkan teknologi dan keahlian mereka dalam pembuatan peralatan. Mereka mulai menggunakan logam, seperti tembaga atau besi, yang membawa perubahan besar dalam cara mereka hidup dan bertahan hidup. Namun, zaman perundagian tetap menjadi fondasi penting dalam sejarah manusia, sebagai periode di mana manusia pertama kali menggunakan alat-alat yang terbuat dari bahan alami untuk memenuhi kebutuhan mereka.