Yang Tidak Termasuk Kriteria Pengumpulan Data Dalam Observasi Adalah - Indonexa

Search Suggest

Yang Tidak Termasuk Kriteria Pengumpulan Data Dalam Observasi Adalah

Observasi adalah metode pengumpulan data yang melibatkan pengamatan langsung terhadap subjek atau peristiwa yang diteliti. Dalam proses observasi, peneliti mencatat informasi atau perilaku yang diamati untuk mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian mereka. Namun, ada beberapa hal yang tidak termasuk dalam kriteria pengumpulan data dalam observasi. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang tidak termasuk dalam kriteria pengumpulan data dalam observasi:

1. Pendapat atau Opini:
Observasi adalah tentang mengamati perilaku atau fenomena secara objektif. Pendapat atau opini subjektif tidak termasuk dalam observasi karena tidak dapat diukur atau diuji secara empiris. Observasi lebih berfokus pada fakta dan perilaku yang dapat diamati secara langsung.

2. Data Sekunder:
Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh orang lain atau sumber lain sebelumnya. Data sekunder tidak termasuk dalam observasi karena tidak melibatkan pengamatan langsung oleh peneliti. Namun, data sekunder dapat digunakan sebagai referensi atau dukungan untuk analisis observasi.

3. Data Kualitatif dari Wawancara atau Kuesioner:
Observasi mengumpulkan data secara langsung dari pengamatan. Data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara atau kuesioner tidak termasuk dalam observasi karena melibatkan interaksi langsung dengan subjek penelitian.

4. Data Hipotetis atau Ramalan:
Observasi adalah tentang mengamati kenyataan yang ada dan mencatat data yang ditemukan. Data hipotetis atau ramalan tentang apa yang mungkin terjadi tidak termasuk dalam observasi karena bukan hasil dari pengamatan langsung.

5. Data Eksperimen:
Eksperimen adalah metode penelitian yang berbeda dari observasi. Dalam eksperimen, variabel dikendalikan untuk menguji hipotesis atau hubungan sebab-akibat. Data eksperimen tidak termasuk dalam observasi karena melibatkan manipulasi variabel dan pengukuran berdasarkan kondisi tertentu.

6. Evaluasi atau Penilaian Kualitas:
Observasi adalah tentang mengamati dan mencatat data yang diamati. Evaluasi atau penilaian kualitas tidak termasuk dalam observasi karena melibatkan interpretasi atau penilaian subjektif.

7. Data yang Tidak Terlihat atau Sulit Diamati:
Observasi terkait dengan pengamatan langsung terhadap fenomena atau perilaku. Data yang tidak terlihat atau sulit diamati tidak termasuk dalam observasi karena tidak dapat diakses atau diidentifikasi secara langsung oleh peneliti.

Dalam penelitian, penting untuk memahami batasan dan kriteria pengumpulan data dalam metode yang digunakan. Observasi adalah metode yang kuat untuk mengumpulkan data objektif dan fakta secara langsung dari fenomena yang diamati. Namun, seperti metode penelitian lainnya, observasi juga memiliki batasan dan tidak mencakup beberapa jenis data yang disebutkan di atas. Sebagai peneliti, memilih metode yang sesuai dengan pertanyaan penelitian dan tujuan adalah kunci untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan.