Yang Tidak Termasuk Gerakan Renang Gaya Dada Berikut Ini Adalah - Indonexa

Search Suggest

Yang Tidak Termasuk Gerakan Renang Gaya Dada Berikut Ini Adalah

Eksplorasi Gaya Dada: Mengenal Gerakan yang Tidak Termasuk

Renang gaya dada telah menjadi salah satu olahraga air yang populer dan penuh tantangan. Gaya ini menekankan pada koordinasi gerakan tangan dan kaki, serta pernafasan yang tepat. Artikel ini akan membahas gerakan-gerakan utama dalam renang gaya dada yang umumnya dilakukan, serta gerakan yang tidak termasuk dalam teknik ini.

Gerakan Utama dalam Renang Gaya Dada:
1. Gerakan Tangan: Dalam renang gaya dada, gerakan tangan dimulai dengan posisi tangan menggenggam air di depan tubuh. Kemudian, tangan bergerak ke samping dan ke bawah, membentuk pola seperti bentuk hati. Gerakan ini membantu dorongan maju.

2. Gerakan Kaki: Gerakan kaki dalam gaya dada mirip dengan gerakan seekor katak. Kaki membuka lebar saat tangan bergerak ke belakang dan bergerak menutup saat tangan kembali ke posisi awal. Ini membantu menghasilkan daya dorong tambahan.

3. Pernafasan: Pernafasan dalam renang gaya dada dilakukan saat kepala berada di atas permukaan air. Pernafasan terjadi ketika kepala dan tubuh naik ke atas permukaan untuk mengambil napas, dan kepala tenggelam saat melakukan gerakan tangan dan kaki.

Gerakan yang Tidak Termasuk:
Dalam teknik renang gaya dada, terdapat gerakan-gerakan yang tidak termasuk dalam teknik ini. Salah satu contohnya adalah gerakan mengayuh seperti gerakan pada gaya bebas. Dalam renang gaya dada, baik tangan maupun kaki harus bergerak dalam pola khas gaya dada, dan gerakan mengayuh tidak sesuai dengan teknik ini.

gerakan berputar atau roll seperti pada gaya punggung atau gaya dada tidak termasuk dalam teknik renang gaya dada. Renang gaya dada memiliki fokus pada gerakan horizontal dan koordinasi yang khas.

Renang gaya dada adalah teknik renang yang memerlukan koordinasi yang baik antara gerakan tangan, kaki, dan pernafasan. Meskipun ada gerakan-gerakan yang mencirikan gaya ini, seperti gerakan tangan yang membentuk pola hati dan gerakan kaki seperti katak, ada gerakan-gerakan yang tidak termasuk dalam teknik ini, seperti gerakan mengayuh atau gerakan berputar. Pemahaman yang baik tentang gerakan-gerakan ini akan membantu perenang menguasai teknik renang gaya dada dengan lebih baik.