Yang Termasuk Teknik Kontrasepsi Mantap Dan Kontrasepsi Jangka Menengah Adalah - Indonexa

Search Suggest

Yang Termasuk Teknik Kontrasepsi Mantap Dan Kontrasepsi Jangka Menengah Adalah

Teknik Kontrasepsi Mantap dan Kontrasepsi Jangka Menengah

Kontrasepsi adalah metode yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai pilihan kontrasepsi yang tersedia, termasuk teknik kontrasepsi mantap dan kontrasepsi jangka menengah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kedua teknik kontrasepsi tersebut.

1. Kontrasepsi Mantap:
Kontrasepsi mantap adalah metode kontrasepsi yang dirancang untuk memberikan perlindungan jangka panjang terhadap kehamilan. Beberapa teknik kontrasepsi mantap yang populer termasuk:

a. Pemasangan IUD (Intrauterine Device): IUD adalah alat kecil yang dimasukkan ke dalam rahim oleh tenaga medis. IUD bekerja dengan mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur, serta mengubah lingkungan di dalam rahim sehingga tidak mungkin terjadi kehamilan. IUD dapat memberikan perlindungan antara 3 hingga 10 tahun tergantung pada jenisnya.

b. Pemasangan Implan: Implan adalah alat kecil berbentuk tabung yang ditanamkan di bawah kulit lengan atas oleh tenaga medis. Implan melepaskan hormon progestin yang membantu mencegah ovulasi dan menebalkan lendir serviks untuk mencegah sperma masuk ke rahim. Implan dapat memberikan perlindungan kontrasepsi selama 3 hingga 5 tahun.

c. Sterilisasi: Sterilisasi adalah prosedur pembedahan permanen yang mencegah kehamilan dengan menghalangi jalannya saluran reproduksi. Pada pria, prosedur ini disebut vasektomi, di mana saluran sperma dipotong atau diikat. Pada wanita, prosedur ini disebut tubektomi, di mana saluran telur diikat atau diblokir. Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanen dan reversibilitasnya jarang dilakukan.

2. Kontrasepsi Jangka Menengah:
Kontrasepsi jangka menengah adalah metode kontrasepsi yang memberikan perlindungan untuk jangka waktu tertentu, tetapi masih dapat dibatalkan atau diubah jika diperlukan. Beberapa teknik kontrasepsi jangka menengah yang umum meliputi:

a. Pil Kontrasepsi: Pil kontrasepsi adalah pil hormonal yang harus diminum setiap hari pada waktu yang sama. Pil ini mengandung hormon yang menghentikan ovulasi dan menebalkan lendir serviks. Pil kontrasepsi memberikan perlindungan efektif jika diminum dengan konsisten dan tepat waktu setiap hari.

b. Suntikan Kontrasepsi: Suntikan kontrasepsi mengandung hormon yang disuntikkan ke dalam otot atau lapisan lemak setiap 1 hingga 3 bulan. Hormon tersebut mencegah ovulasi dan membuat lendir serviks tebal. Suntikan kontrasepsi memberikan perlindungan jangka pendek dan dapat dihentikan jika penggunaan ingin diubah.

c. Kondom: Kondom adalah penghalang fisik yang ditempatkan di sekitar penis (kondom pria) atau di dalam vagina (kondom wanita) untuk mencegah sperma masuk ke rahim. Kondom merupakan metode kontrasepsi yang mudah didapatkan, terjangkau, dan juga memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual (PMS).

Teknik kontrasepsi mantap dan kontrasepsi jangka menengah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan teknik kontrasepsi yang tepat akan tergantung pada preferensi individu, kebutuhan kesehatan, dan rencana keluarga. Konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli kontrasepsi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan memilih metode yang sesuai dengan situasi Anda. Penting untuk diingat bahwa tidak ada metode kontrasepsi yang 100% efektif, jadi penting untuk menggunakan metode yang dipilih dengan benar dan konsisten.