Yang Merupakan Perangkat-Perangkat Dalam Softswitch Ditunjukan Nomor - Indonexa

Search Suggest

Yang Merupakan Perangkat-Perangkat Dalam Softswitch Ditunjukan Nomor

Perangkat-Perangkat Dalam Softswitch yang Ditujukan Nomor

Softswitch merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi untuk menghubungkan dan mengarahkan panggilan suara dan data antara pengguna. Dalam operasinya, softswitch menggunakan berbagai perangkat yang berperan penting dalam menangani pengalihan panggilan dan manajemen jaringan. Salah satu fungsi utama softswitch adalah mengenali nomor telepon tujuan dan mengarahkan panggilan dengan tepat. Berikut adalah beberapa perangkat dalam softswitch yang ditujukan nomor:

1. Sistem Identifikasi Panggilan (Call Identification System):
Perangkat ini bertanggung jawab untuk mengenali nomor telepon yang dihubungi atau nomor telepon tujuan. Sistem identifikasi panggilan menggunakan berbagai metode, seperti pemeriksaan prefix atau pengecekan dalam database, untuk mengenali nomor tujuan dan mengarahkan panggilan ke tujuan yang sesuai.

2. Centralized Number Routing Database:
Database ini menyimpan informasi mengenai nomor telepon dan rute yang harus diambil untuk menghubungi nomor tersebut. Softswitch menggunakan database ini untuk mencocokkan nomor tujuan dengan informasi rute yang tersimpan. Ketika panggilan masuk, softswitch akan mencari nomor tujuan dalam database dan menentukan rute yang tepat untuk mengirimkan panggilan tersebut.

3. Routing Gateway:
Routing gateway adalah perangkat yang bertanggung jawab untuk mengarahkan panggilan dari sumber ke tujuan. Perangkat ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sistem identifikasi panggilan dan database routing untuk menentukan jalur pengiriman yang optimal. Routing gateway memastikan bahwa panggilan diarahkan melalui jaringan yang tepat untuk mencapai nomor tujuan yang dituju.

4. Session Border Controller (SBC):
SBC adalah perangkat yang digunakan dalam softswitch untuk mengendalikan dan mengamankan komunikasi antara jaringan yang berbeda. SBC memproses informasi nomor tujuan untuk memastikan komunikasi yang aman dan terkendali. Perangkat ini juga dapat melakukan konversi format atau protokol panggilan untuk memungkinkan komunikasi antara jaringan yang berbeda.

5. Gatekeeper:
Gatekeeper adalah perangkat yang berfungsi sebagai kontrol pusat untuk mengelola panggilan dalam jaringan VoIP (Voice over IP). Perangkat ini mengatur dan mengontrol proses inisiasi, pemeliharaan, dan penyelesaian panggilan. Gatekeeper menggunakan informasi nomor tujuan untuk mengontrol akses, memastikan kualitas panggilan, dan memberikan fitur-fitur tambahan seperti pemantauan jaringan dan penagihan.

Perangkat-perangkat dalam softswitch yang ditujukan nomor ini bekerja secara sinergis untuk mengenali nomor tujuan, mencari informasi rute yang tepat, dan mengarahkan panggilan dengan efisien dalam jaringan telekomunikasi. Mereka memastikan bahwa panggilan terhubung dengan benar dan dapat mencapai tujuan dengan kualitas yang baik. Keberadaan perangkat-perangkat ini menjadi salah satu komponen penting dalam keberhasilan operasi dan manajemen jaringan softswitch.