Upaya Pembangunan Nasional Salah Satunya Dengan Ekstensifikasi Pertanian Yaitu - Indonexa

Search Suggest

Upaya Pembangunan Nasional Salah Satunya Dengan Ekstensifikasi Pertanian Yaitu

Upaya pembangunan nasional di negara-negara dengan basis pertanian yang kuat seringkali melibatkan ekstensifikasi pertanian. Ekstensifikasi pertanian merupakan upaya untuk memperluas luas lahan pertanian yang aktif digunakan untuk produksi pangan dan bahan baku industri pertanian. Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Salah satu keuntungan utama dari ekstensifikasi pertanian adalah peningkatan produksi pangan dan sumber daya pertanian lainnya. Dengan memperluas lahan pertanian, negara dapat meningkatkan produksi tanaman pangan seperti padi, jagung, gandum, dan sejenisnya. Ini membantu memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi populasi yang semakin bertambah. Ekstensifikasi juga dapat melibatkan pengembangan sektor pertanian lainnya seperti peternakan, perikanan, dan kehutanan, yang berkontribusi pada diversifikasi ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

ekstensifikasi pertanian dapat berdampak positif pada pengembangan infrastruktur pedesaan. Pembukaan lahan pertanian baru seringkali melibatkan pembangunan jaringan irigasi, jalan akses, dan fasilitas pendukung lainnya di daerah pedesaan. Ini membantu meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mempermudah distribusi hasil pertanian ke pasar. Pengembangan infrastruktur pedesaan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Selain manfaatnya, ekstensifikasi pertanian juga perlu dikelola dengan bijaksana dan berkelanjutan. Upaya ini harus memperhatikan aspek lingkungan dan sosial agar tidak merusak ekosistem dan mempengaruhi mata pencaharian dan kehidupan masyarakat lokal. Dalam melaksanakan ekstensifikasi pertanian, prinsip-prinsip keberlanjutan dan konservasi harus diterapkan, seperti menjaga kesuburan tanah, pengelolaan air yang efisien, dan penggunaan teknologi pertanian yang ramah lingkungan.

penting juga untuk mendorong diversifikasi pertanian dalam rangka ekstensifikasi. Diversifikasi pertanian melibatkan pengembangan dan pemanfaatan variasi tanaman dan sumber daya pertanian lainnya. Ini dapat mencakup pengenalan tanaman alternatif, pengembangan pertanian organik, atau penggunaan teknologi modern dalam produksi pertanian. Diversifikasi pertanian membantu mengurangi ketergantungan pada satu jenis tanaman atau sektor pertanian tertentu dan meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi negara.

Dalam konteks pembangunan nasional, ekstensifikasi pertanian merupakan langkah penting untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup, peningkatan ekonomi pedesaan, dan pembangunan infrastruktur yang mendukung pertanian. Namun, langkah ini juga harus diimbangi dengan upaya konservasi lingkungan dan pengelolaan yang berkelanjutan serta promosi diversifikasi pertanian. Dengan demikian, ekstensifikasi pertanian dapat menjadi salah satu pilar dalam upaya membangun negara yang berkelanjutan, inklusif, dan berdaulat pangan.